Implementasi Media Hand Puppet Dalam Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini

Authors

  • Bunga Mercy Wely UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Yusria UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Jamilah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.69

Keywords:

Anak, Media hand puppet, Perkembangan bahasa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi media hand puppet dalam pengembangan kemampuan berbahasa anak usia dini. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptip. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan uji kepercayaan menggunakan tringgulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media hand puppet dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak yakni media hand puppet guru melakukan tanya jawab serta meminta anak mengulang kalimat sederhana, guru mempersiapkan dengan sangat matang pada desain pembelajaran, selanjutnya pelaksanaan implementasi media hand puppet yakni guru menyusun program tahunan, promes, proming, dan rencana pembelajaran harian, guru melakukan dengan metode bercerita, berikutnya kendala implementasi media hand puppet yakni kurangnya fasilitas boneka tangan, guru kurang jelas dalam menyampaikan materi, pertanyaan yang guru ajukan belum merangsang kegiatan bercerita anak, guru belum bisa mengkondisikan kelas, adapun faktor pendukung adalah pengalaman guru, loyalitas, dan konsitensi guru dalam mengimplementasikan media hand puppet

Author Biographies

Bunga Mercy Wely, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Mahasiswa Pascasarjana

Yusria, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Dosen Pascasarjana

Jamilah, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Dosen Pascasarjana

References

Chrisyarani. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Journal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 57–62.

Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan Pembelajaran; Konsep Dasar, Media dan Aplikasi Nilai-nilai Spiritual dalam Proses Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Margono, S. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru Paud Profesional. Remaja Rosdakarya.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya.

Nana, S., & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Nasional, D. P. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidika Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press.

Sugiono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Tachjan. (2016). Pengertian Implementasi. PT.Bumi Aksara.

Takdiroatum, M. (2015). Bercerita untuk AUD. UT.

Wahab, A. (2017). Bercerita Bagi Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Mercy Wely, B., Yusria, & Jamilah. (2023). Implementasi Media Hand Puppet Dalam Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 23–32. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.69

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 

You may also start an advanced similarity search for this article.