Bentuk Dan Bahasa Iklan Layanan Masyarakat Melalui Instagram

Authors

  • Maria Syafri Universitas Negeri Padang
  • Atmazaki Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.82

Keywords:

Bentuk, Bahasa, Iklan Layanan Masyarakat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan penggunaan bahasa iklan yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat melalui Instagram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk dan bahasa iklan layanan masyarakat yang diperoleh dari beberapa postingan instagram. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Ada dua hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, ILM berdasarkan kontennya menemukan 11 iklan tentang kesehatan, 9 iklan tentang covid-19, 6 iklan tentang lingkungan, 3 iklan tentang narkoba, 2 iklan tentang media elektronik, 2 iklan tentang eksploitasi sosial dan 7 iklan tentang media sosial. Semua iklan layanan masyarakat bersifat nonkomersial. Tujuan dari iklan layanan masyarakat adalah untuk menginformasikan dan melibatkan masyarakat. Kedua, iklan layanan masyarakat menggunakan gaya bahasa yang menarik, pemilihan kata yang tepat dan mudah dipahami, penggunaan slogan yang menarik, penggunaan kalimat persuasif, dan sudut pandang orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga tunggal. Bahasa yang digunakan untuk iklan layanan masyarakat di instagram hampir sama dengan iklan layanan masyarakat pada umumnya. Namun perbedaannya terletak pada pemilihan kata (diksi) pada caption iklan layanan masyarakat yang cenderung tidak baku dan menggunakan bahasa gaul yang mudah dipahami oleh masyarakat. Bahasa iklan layanan masyarakat di Instagram memperhatikan ekonomi kata dan logika kata yang digunakan.

References

Damayanti, E. (2019). Kesalahan penggunaan bahasa pada iklan komersial media luar ruang di kabupaten Kediri. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 4 No. 2. (https://jurnal.unimor.ac.id, diunduh 20 Juni 2022).

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemic di Indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik. (https://jurnal.unived.ac.id, diunduh pada 15 April 2022).

Nirmala, V. (2020). Gaya bahasa dalam iklan komersial di televisi. Jurnal BIDAR, Vol. 10 No. 2.

(https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/bidar/article/view/3184, diunduh 20 Juni 2022).

Nuradi. (1996). Kamus Istilah Periklanan Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Palupi, R. (2019). Penyalahgunaan media sosial sebagai alat propaganda. Jurnal Komunikasi, 10(1), 69- 76. (https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5364, diunduh pada 15 April 2022)

Rohmah, N. N. M. (2020). Media sosial sebagai media alternatif manfaat dan pemuas kebutuhan informasi masa pandemik global covid-19 (Kajian analisis teori uses and gratification). Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16. (https://doi.org/10.31764/jail.v4i1.2957, diunduh pada 15 April 2022).

Sherlyanita & Rakhmawati. (2016). Pengaruh dan pola aktivitas penggunaan internet serta media sosial pada siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17-22.

(http://dx.doi.org/10.20473/jisebi.2.1.17-22, diunduh pada 15 April 2022).

Sintia, D. R, dkk. (2017). Bahasa iklan layanan masyarakat dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sma. Jurnal Kata: Vol. 5 No 2. (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/12858/9178, diunduh 16 Juni 2022).

Situmeang. (2016). Public Relations. In Seno (Ed), Publik Relations. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sukamto, E. (2013). Bahasa iklan layanan masyarakat dan implikasinya terhadap pembelajaran menulis persuasi di SMP. Jurnal Kata. Vol. 1, No. 2. (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/article/view/484, diunduh 30 Maret 2022).

Susanti, R. (2016). Analisis kesalahan berbahasa pada penulisan iklan media luar ruang di kota Surakarta. Jurnal Saintech Politeknik Indonusa Surakarta. Vol. 2, No. 5. (www.poltekindonusa.ac.id, diunduh 16 Juni 2022).

Widiyatama, R. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publhises.

Widyatama, R. (2011). Teknik Menulis Naskah Iklan: Agar Tepat Kena Sasaran. Yogyakarta: Penerbit Cakrawala

Wijaya, D.M, dkk. (2016). Perancangan iklan layanan masyarakat untuk orang berusia 18-25 tahun agar kritis dalam menerima informasi di media sosial. Jurnal Disain Komunikasi Visual Adiwarna. Vol. 1, No. 8.

Wiranata, Y. A & Nugrahanti, Y. W. (2013). Pengaruh struktur kepemilikan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 15, No. 1.

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Maria Syafri, & Atmazaki. (2023). Bentuk Dan Bahasa Iklan Layanan Masyarakat Melalui Instagram. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 56–64. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.82