The Penerapan Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Agama Islam dalam Mengembangkan Nilai-nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini

Authors

  • normilah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mahmud MY UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Musli UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.63

Keywords:

Anak, Agama dan Moral, Metode Pembiasaan

Abstract

Metode pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui penerapan metode pembiasaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan uji kepercayaan menggunakan tringgulasi data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak melalui metode pembiasaan adalah sebagai berikut: rutin memandu kegiatan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatansehari-hari,  Ibadah shalat dhuha, sopan dalam bertutur kata untuk membiasakan prialaku mulia, keteladanan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan secara terprogram mengahafal surat-surat pendek dan do’a sehari-hari. kesimpulan bahwa kegiatan tersebut adalah bentuk pembiasaan dapat diterapkan pada anak usia dini dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral.

Author Biographies

normilah, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Mahasiswa

Mahmud MY, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Dosen

Musli, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Dosen

References

Ali, M., & Evi, F. R. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif dan Teori ke Praktik. PT.Raja Grafindo Persada.

Arief, A. (2012). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Pers.

Asnidar. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar Pada Kelompok B TK Al-Khairaat Tatura. Ftk,Paud, 4(2), 34.

Hery, N. A. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Logos Wanaca Ilmu.

Khalifatu, U. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Asatiza, 1(1), 51. https://doi.org/https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.

Margono, S. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Mashuri, & Maya, D. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Di TPA Darus Falah Gampong Pineung. Jurnal Mudarrisuna, 7(2), 350.

Muhammad, S. M. (2011). Seni Mendidik Anak. Arroyan.

Mulyasa, & Dewi, I. (2013). Manajemen Pendidikan Karekter. Bumi Aksara.

Novi, M. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Gava Media.

Ramli. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 75–77. https://doi.org/http://idr.uin-antasari.ac.id/4626/1/M%20Ramli-Hakikat%20Pendidik.pdf

Rizki, A. S. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia.

Sugiono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

normilah, Mahmud MY, & Musli. (2023). The Penerapan Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Agama Islam dalam Mengembangkan Nilai-nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.63

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.