Peran Mahasiswa MBKM Mengajar Mengaji untuk Membantu Siswa MI Darul Ulum Palangka Raya dalam Membaca Al-Qur’an dengan Baik
DOI:
https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v3i1.1719Keywords:
Recitation, Iqro, Qur'anAbstract
The purpose of MBKM student activities at MI Darul Ulum Palangka Raya is to help students learn to read the Qur'an. This study also involved teachers who teach Iqro and Al-Qur'an. This division is made to ensure that all activities are carried out correctly and instructions run smoothly until completion. The general and specific objectives of teaching the Quran are to build and develop individual Muslims who believe, fear Allah SWT, have noble character, and are useful for society. Students should be able to read the hijaiyah letters in order and correctly and memorize the sound of the reading. This is the ideal standard for the ability to read the Qur'an. Quran teaching activities take place for five days a week, starting after dawn, around 06.30-07.10 WIB. There are about 30 students taught by one teacher, MI Darul Ulum Palangka Raya teacher.
References
Abbas, Agustiar, Hasan Basri, Sri Wulan Dari, Tama Erlanda Putri, Parisyi Algusyairi, and Nurhayuni Nurhayuni. 2023. “Al-Qurán Dan Wahyu : Suatu Tinjauan Terminologis.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4(1):67–81. doi: 10.37680/almikraj.v4i1.3190.
Asroriah, Fatimatul. 2022. “INTERNALISASI NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MUHAMMADIYAH PUCANGAN.” 1(1):46–54.
Aswita, Dian. 2022. “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.” Prosiding Seminar Nasional Biotik 9(2):56. doi: 10.22373/pbio.v9i2.11747.
Febriani, Bibit Laeli, Faida Sulistiya, Bahrun Ali Murtopo, and Siti Fatimah. 2021. “Analisis Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” SEMAI : Seminar Nasional PGMI 238–53.
Hidayatulloh, M. Deni. 2023. “Makna Al-Qurán Secara Umum Dan Kedudukannya Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan.” SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam 1(1):18–28. doi: 10.59966/setyaki.v1i1.5.
Ichsan, Muhammad. 2016. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2(1):60. doi: 10.22373/je.v2i1.691.
Indra, Delfi. 2016. “Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji Di Provinsi Sumatera Utara.” Al-Fikrah 2(2):hlm. 108.
Maghribi, Amirul Maliki, Anisa Anisa, Anis Marsela, Syamila Syamila, and Lusi Kemala Sari. 2023. “Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Kegiatan KKN Mengajar Mengaji.” BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 6(1):51–62. doi: 10.36407/berdaya.v6i1.1160.
Ningsih, A. F. 2022. “Upaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Anak-Anak Melalui Magrib Mengaji Di Nagari Kuranji Hilir , Korong Lampanjang Kecamatan Sungai Limau.” Jurnal Prodi LPS 2(2):56–62.
Nur Sholeh. 2024. “Aktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Abad 21 Di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus.” Madaniyah 13(2):143–63. doi: 10.58410/madaniyah.v13i2.697.
Ramadani, R., A. Alfianda, and ... 2023. “Optimalisasi Peranan Mahasiswa Kkn Bidang Peningkatkan Pendidikan Sekaligus Kesehatan Anak Serta Penataan Hukum Di Desa ….” … Journal: Jurnal … 4(3):6889–96.
Ramadhani Asiri, Fadillah, Rianti Simarmata, Yisawinur Barella, Jl H. Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, Bansir Laut, Kec Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, and Kalimantan Barat. 2024. “Strategi Belajar Mengajar (Project Based Learning).” Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 3(2):255–66.
Rouf, Abdul, and Muhtadi. 2023. “Peran Guru Muatan Lokal Agama Dalam Memotivasi Anak Belajar Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fatah Japanan Mojowarno Jombang.” 8(MI):71–88.
Shaleh, Muhammad Dawam. 2020. “Konsep Al-Hikmah Dalam Al-Qurán.” Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman 2(1):86–93. doi: 10.53563/ai.v2i1.34.
Sofiani Rizkillah, Nizrina, and Nur Khosiah. 2024. “Penerapan Metode Qiroáti Dalam Mengembangkan Minat Baca Al-Qurán Kepada Siswa Di Sekolah Dasar Ainur Rahma Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.” AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5(1):10–19. doi: 10.46773/ibtidaiyah.v5i1.910.
Syafitri, Ratna, Hikmatul Hidayah, and Siti Simbolon. 2021. “MENGAJAR MENGAJI, BACA IQRA’, MENULIS, BERHITUNG DAN MEMBACA DI RUMAH LINGKUNGAN MASYARAKAT HIDAYATULLAH KARIMUN.” 1(1):25–28.
Ullah, S. Mif. 2018. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Di Mi Manna Wassalwa.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 11.
Ummah, Nabila Kuntum Khoiro, and Hanin Niswatul Fauziah. 2021. “Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di MI Al-Azhar Madiun.” Adaptivia 295–308.
Yadi, T., and S. Harahap. 2023. “Peran Mahasiswa/I Kkn Uin-Sumatera Utara Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Belajar Mengajar Di Desa Aek Gambir Kec. Lumut ….” Journal Of Human And Education (JAHE) 3(2):392–98.
Yusman, Maryadi, Robbil Siregar, Fahri Najwansyah, Iqbal Wahyuda Purba, Lala Juliyanti, Siti Nurzeda Ritonga, and Ike Widari. 2024. “Peran Program Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah (Mdta) Dalam Memperbaiki Adab Anak-Anak Desa Tanjung Kasau.” 33–38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.