Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas XI Di MAN 2 Agam
DOI:
https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.988Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena diduga guru belum bisa menerapkan metode drill sepenuhnya. Terdapat kejanggalan, baik itu ketika menerapkannya ataupun dari segi penggunaan langkah-langkahnya. Ditemukan kendala atau hambatan yang nantinya akan berdampak kepada tujuan pembelajaran yang tidak tercapai. Yang mana guru seharusnya aktif menciptakan situasi dan kondisi kelas yang optimal, mengelola kelas sebaik mungkin dengan itu seorang guru memiliki jiwa yang kompeten serta siswa aktif untuk mengerjakan tugas atau menjawab pertanyaan yang diberikan. Untuk itu guru harus aktif untuk memperoleh, mempelajari serta mengembangkan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran dan juga bisa menerapkan dan mengaplikasikannya dengan benar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field Reseach) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Quran Hadits, sedangkan informan pendukungnya adalah kepala sekolah dan peserta didik kelas XI IPS 2 MAN 2 Agam. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah observasi yaitu pengamatan secara langsung bagaimana penerapan metode drill dilaksanakan. Serta wawancara langsung ditujukan kepada guru dan peserta didik sebagai informan pendukung. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di kelas XI IPS 2 MAN 2 Agam penerapan metode drill yang dilakukan seharusnya sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan, namun guru belum bisa menerapkan metode drill sepenuhnya. Hal ini terlihat dari bagaimana guru menerapkan metode ini. Langkah-langkah penerapan metode drill yang berada di lapangan belum sesuai dengan yang telah direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Dan juga terdapat hambatan baik itu dari fasilitas, kurangnya waktu serta penguasaan guru terhadap metode yang kurang maksimal dan keaktifan siswa yang masih kurang sehingga metode yang diberikan tidak terlaksana dengan maksimal.
References
Alr Ralsikh. (2019). PEMBELAlJAlRAlN AlL-QUR’AlN HAlDITS DI MAlDRAlSAlH IBTIDAlIYAlH: Studi Multisitus paldal MIN Model Seselal daln Maldralsalh Ibtidaliyalh Alt Talhzib. Jurnall Penelitialn Keislalmaln Vol.15 No.1
Balhroin Budiyal, Nuruddin Muzalkki, Alinun Nalfilalh. (2021). Implementalsi Model Pembelaljalraln Drill Dallalm Pembelaljalraln All-Quraln Di TPQ Dalrul Ihsaln Paldal Eral Palndemi. Jurnall Altthiflalh. Volume 8 Nomor 1 Jalunualri 2021
Halsbullalh (2005) Dalsalr-Dalsalr Ilmu Pendidikaln. Jalkalrtal: PT Raljal Gralfindo Persaldal.
Iswalntir M dkk, Peneralpaln Metode Membalcal Daln Menulis All-Qur’aln Di TPQ All-Alzhalr Nalgalri Albali Sialt. Jurnall Inspiralsi Pendidikaln (AlLFIHRIS) Vol.1, No.2 Alpril 2023
M. Isnalndo Talmrin.(2019). PENINGKAlTAlN SUMBER DAlYAl MAlNUSIAl DAlLAlM LEMBAlGAl PENDIDIKAlN AlGAlMAl NON FORMAlL DI ERAl GLOBAlL. MENAlRAl Ilmu Vol. XIII No.2 Jalnualri 2019
Malhi M Hikmalt (2011). Metode Penelitialn dallalm Perspektif Ilmu Konimunikalsi daln Salstral. Yogyalkalrtal: Gralhal Ilmu.
Nial Nuralini, H. malsykur H Malnsyur, H. Albdul Kosim. Penggunalaln Metode Problem Solving Terhaldalp Efektivitals Belaljalr Siswal Paldal Maltal Pelaljalraln All-Quraln Haldits kelals XI di Mtsn 4 Kalralwalng. Jurnall Ilmialh Walhalnal Pendidikaln. Vol. 7, No. 4 Algustus 2021
Nur malyal, Khoiraltun. Implementalsi Metode Drill Dallalm Meningkaltkaln Halfallaln Kosalkaltal Balhalsal Alralb Di Maldralsalh Alliyalh All Almiriyyalh Blokalgung Balnyuwalngi. TAlDRIS AlL-AlRAlBITAlY: Jurnall Kaljialn Ilmu Pendidikaln Balhalsal Alralb. Vol.1/No.2, Juli 2021
Ralehalng. (2014). PEMBELAlJAlRAlN AlKTIF SEBAlGAlI INDUK PEMBELAlJAlRAlN KOOMPERAlTIF. Jurnall All-Tal’dib. Vol. 7 No. 1 Jalnualri-Juni.
Resvi Alnisal, KREAlTIVITAlS GURU PAlI DAlLAlM MENCIPTAlKAlN SITUAlSI PEMBELAlJAlRAlN EFEKTIF PAlDAl KELAlS X DI SMKN 1 TAlNJUNG RAlYAl. Jurnall Multidisiplin Ilmu, 1 (3), Talhun 2022
Roestiyalh, N.K (2014). Straltegi Belaljalr Mengaljalr. Jalkalrtal: Rinekal Ciptal.
Salwalluddin, Muhalmmald Siddiq. LAlNGKAlH-LAlNGKAlH DAlN TEKNIK EVAlLUAlSI HAlSIL BELAlJAlR PENDIDIKAlN AlGAlMAl ISLAlM. Jurnall PTK & Pendidikaln. Vol. 6, No. 1, Jalnualri – Juni 2020
Salgallal, Syaliful. (2009). Konsep daln Malknal Pembelaljalraln untuk Membalntu Problemaltikal Belaljalr daln Mengaljalr Balndung: Allfalbetal.
Suryal Dewi, Sofino, Ilhalm Albdullalh. (2022). Peneralpaln Metode Drill Dallalm Menghalfall Suralt Pendek Paldal Talmaln Pendidikaln All-Quraln (TPQ) Dalrul Hudal Kalbupalten Rejalng Lebong. Journall Of Lifelong Lealrning. June 2022
Suwendi (2004) Sejalralh & Pemikiraln Pendidikaln Islalm. Jalkalrtal: PT. RaljalGralfindo Persaldal.
Syalhralini Talmbalk (2014) 6 Metode Komunikaltif Pendidikaln Algalmal Islalm. Yogyalkalrtal: Gralhal Ilmu.
Syalhralni Talmbalk. (2016). Metode drill dallalm pembelaljalraln Pendidikaln algalmal islalm. Jurnall all hikmalh vol. 13, No. 2, Oktober
Taltik Fitriyalni, Imaln Salifullalh. (2020). Alnallisis Kurikulum Maltal Pelaljalraln All-Qur’aln Haldis Maldralsalh Alliyalh. Jurnall Pendidikaln Universitals Galrut. Vol. 14; No. 02.
Walrsono, Halriyalnto (2015) Pembelaljalraln Alktif . Balndung: PT Remaljal Rosdalkalryal.
Widyal Ralhmal Lestalri dkk. (2021)Efektivitals Peneralpaln Metode Drill dallalm Pembelaljalraln Pendidikaln Algalmal Islalm. Jurnall Pendidikaln Talmbusal. Volume 5 Nomor 2 Talhun 2021