PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SDN KOJADOI

Authors

  • Nuim Hayat SDN Kojadoi, Kec. Alok Timur, Kab. Sikka

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.101

Keywords:

model pembelajaran aktif, supervisi klinis, kemampuan mengajar

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan untuk mendapatkan berbagai macam pengetahuan, baik dari segi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru dengan penerapan model pembelajaran aktif (Active Learning) melalui supervisi klinis di SDN Kojadoi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang terdiri dari beberapa tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi.Pelaksanaan tindakan sekolah ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana dalam setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran aktif pada guru di SDN Kojadoi setelah supervisi klinis melalui kunjungan kelas dalam kategori baik. (2) Guru di SDN Kojadoi setelah disupervisi melalui kunjungan kelas pra pembelajaran yaitu kemampuan menyusun perencanaan pembelajaran yang sekaligus dapat mengalami peningkatan kemampuan melaksanakan pembelajaran.

 

 

References

Amani, L., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2016). Implementasi supervisi klinis dalam rangka meningkatkan kemampuan guru mengelola proses pembelajaran pada Guru SD se-Gugus VII Kecamatan Sawan. Ganesha University of Education.

Brotosedjati, S. (2012). Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 229–243.

Hartoyo. (2006). Supervisi Pendidikan. Semarang: Pelita Insani

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana.

Silberman, M. L. (2006). Active learning 101 Cara Belajar siswa aktif. Bandung: Nuansa.

Sopiah, E. S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 1-10.

Tari, H. D ., Suwirta, U., & Dedeh. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 19-26.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Nuim Hayat. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SDN KOJADOI. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 126–132. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.101

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.