Pelaksanaan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI Di SMK Negeri 3 Payakumbuh

Authors

  • Dinda Ha Yahya UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi Junaidi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arman Husni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.112

Keywords:

CTL, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa sebagai siswa yang memiliki tingkat kesadaran yang rendah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terutama kegiatan melakuka praktik yang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari. siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan siswa kurang terlibat dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam permasalahan yang ada peneliti tertarik untuk meneliti pelaksanaan pendekatan CTL pada mata pelajaran PAI di SMK N 3 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari model pembelajaran kontekstual dan faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan tentang pelaksanaan pendekatan CTL pada mata pelajaran PAI di SMK N 3 Payakumbuh. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya peneliti menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikannya kesimpulan. Untuk menguji kreadibilitas dan kevalidan data peneliti mengecek data yang sudah diperoleh dari berbagai instrumen penelitian yaitu guru, kepala sekolah dan siswa dengan menggukana triangulasi sumber, triangulasi peneliti dan triangulasi metode. Sehingga menghasilkan kesimpulan yang kredibel. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pendekatan Contekstual Teaching and Learning  (CTL) pada mata pelajaran PAI di SMK N 3 Payakumbuh dimulai dari perencanaa guru dalam mempersiapkan pembelajaran dengan membuat RPP yang menjadi pedoman guru dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas. Pelaksanaan pendekatan CTL adalah siswa mengamati, menganalisis dan menemukan sendiri terkait pembelajaran dalam kegiatan diskusi dan menghubungkan materi dengan kehidupan nyata sehari-hari. adapun faktor penghambat yang ditemukan adalah alokasi waktu yang singkat, kemampuan guru dalam mengkaitkan pembelajaran, siswa bermain-main saat diskusi, siswa bermain handphone dan siswa perempuan lebih aktf dibandingkan dengan siswa laki-laki.

References

Jusuf Amir Feisal, reorentasi Pendidikan Islam, (Gema Insani, 1995)

Undang-undang Sisdiknas 2003, (Jakarta: Sinar Grafika,2003)

Zakiah Drajat, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), cet ke-1

Zufani Sesmiarni, Kecerdasan Jamak Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol.1, No.2 (2014)

Muhiddinur Kamar, Muhammad Zainuddin bin Afrifaldi and Muhammad Rezi, “Fostering Students Creativity in Accademic Writing at Islamic Junior High School Koto Tuo, West Pasaman”, Al-Talim Journal 28 Vol.22,No1 (2021)

Ririta, Muhiddinur Kamal, Wedra Aprion, Salmiwati, Strategi Pembelajaran dalam Pencapaian Kriteria Ketuntasan minimal Mata Pelajaran PAI di SMP N 32 Sijunjung, Jurnal Pendidikan Tambusai Vol.6, No.1 (2022)

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya (Jakarta : Al-Huda, 2005)

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Dinda Ha Yahya, Junaidi Junaidi, Muhiddinur Kamal, & Arman Husni. (2023). Pelaksanaan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI Di SMK Negeri 3 Payakumbuh . Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), 01–09. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.112

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)