Pelaksanaan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran PAI Di SMP N 1 Matur Kabupaten Agam

Authors

  • Salma Fadhilah Hanun UIN SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
  • Charles Charles UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fauzan Fauzan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Deswalantri Deswalantri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i4.561

Keywords:

Model project based learning, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model project based learning dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 Matur Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Informan penelitian ada dua, yaitu informan kuncinya adalah guru PAI kelas VII SMP N 1 Matur dan informan tambahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Matur. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pelaksanaan model project based learning yang dilaksanakan dalam materi alam semesta sebagai tanda kekuasaan Allah SWT, guru PAI kelas VII melaksanakannya dengan enam langkah yaitu: (1) penentuan pertanyaan mendasar, (2) mendesain perencanaan proyek, dalam langkah ini kurang maksimal dalam pelaksanaannya karena guru membagi kelompok berdasarkan urutan tempat duduknya dan tidak secara heterogen sehingga masih ada beberapa peserta didik yang kesulitan dalam mengerjakan proyeknya. (3) menyusun jadwal, (4) memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, dalam langkah ini perlu disempurnakan disebabkan guru hanya akan memberikan pengawasan ke peserta didik jika terdapat peserta didik yang ribut ataupun kelas tidak kondusif lagi suasananya yang akibatnya masih terdapat beberapa peserta didik yang tidak serius dan menganggu temannya yang lain dalam mengerjakan proyeknya. (5) menguji hasil, (6) mengevaluasi pengalaman.

References

Amin dan Linda Yurike Susan Sumendap. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM.

Barus Antonius Malem, dkk. (2022). Panduan Dan Praktik Baik Project-Based Learning Menginspirasi, Mencipta, dan Mendedikasikan Karya. Yogyakarta: PT Kanisius.

Eko Sudarmanto, dkk. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Penerbit Insania.

Hidayat, Ahmad. (2021). Menulis Narasi Kreatif Dengan Model Project Based Learning Dan Musik Instrumental Teori Dan Praktik Di Sekolah Dasar: Yogyakarta: Deepublish.

Kurniawan Adri, dkk. (2022). Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Rahman, Abdul. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Riset. Pekanbaru: Guepedia.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penadamedia Group.

Sesmiarni, Zulfani. (2014). Model Pembelajaran Ramah Otak Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Lampung: Aura Publishing.

Simatupang Halim Dan Dirga Purnama. (2019). Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Pustaka Media Guru.

Tinenti Yanti Rosinda. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Wardati Jeri, dkk. (2023). Multikultural, Interkultural, Dan Inovasi Dalam Pendidikan Di Era Smart Society 5.0. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Aminuddin dan Wedra Aprison. (2021). Kreativitas Guru dan Kemampuan Mengelola Kelas terhadap Pendidikan Agama Islam. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.7, No.2.

Farihatun Siti Mega dan Rusdarti. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, Vol.8, No.2.

Kamal Muhiddinur dan Junaidi. (2018). Pengembangan Materi PAI Berwawasan Multikultural Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-nilai Keberagaman Siswa SMKN 1 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Edukasia J. Penelitian Pendidikan Islam, Vol.13, No.1.

Rosmana, Primanita Sholihah dkk. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Pada Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.6, No.1.

Suprapti. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Di SMAN 1 Pule Trenggalek, Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, Vol.3, No.1.

Yuniarti, dkk. (2021). Project Based Learning Sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol.9, No.2.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Salma Fadhilah Hanun, Charles Charles, Wedra Aprison, Fauzan Fauzan, & Deswalantri Deswalantri. (2023). Pelaksanaan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran PAI Di SMP N 1 Matur Kabupaten Agam. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4), 223–234. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i4.561

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)