PENERAPAN SUPERVISI OBSERVASI KELAS UNTUK MENCAPAI PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI SDI NABE

Authors

  • Gotelma Godeliva SDI Nabe, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.100

Keywords:

Supervisi, Observasi, Kinerja Guru

Abstract

Salah satu tugas kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi di sekolah yang menjadi tanggung jawabnya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif melalui penerapat supervisi obsrvasi di SDI Nabe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwakegiatan pembinaan melalui supervisi observasi kelas   bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan  kinerja guru, untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat, dengan demikian capaian mutu sekolah dapat ditingkatkan.

 

 

References

Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformsi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar – dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.

Bafadal Ibrahim, 2009. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi Herawan, 2005. Pengembangan Model Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA-Biologi: Efektifitas Model Inovasi Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA Biologi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru IPA Biologi di SMP. Tesis Tidak diterbitkan UPI Bandung.

Depdiknas RI 2007, Peraturan No 12 Tentang Kompetensi Pengawas.Jakarta : Depdiknas

____________2007, Peraturan Menteri No 13 Tentang Kompetensi Kepala Sekolah.Jakarta : Depdiknas.

____________2007, Peraturan Menteri No 19 Tentang Standar Pengelolaan Sekolah/Madrasah.Jakarta : Depdiknas

Dirjen PMPTK.2009. Bahan Belajar Mandiri Musyawarah kerja kepala sekolah Dimensi Supervisi.Jakarta : Dirjen PMPTK.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Gotelma Godeliva. (2023). PENERAPAN SUPERVISI OBSERVASI KELAS UNTUK MENCAPAI PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI SDI NABE. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 117–125. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.100

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.