The Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.62Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Supervisi, Kepala SekolahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jensi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah belum optimal dikarenakan kepala sekolah belum menyusun program pengawasan dan belum mensosialisasikan program pengawasan kepada pendidik dan tenaga kependidikan, adapun faktor pendukung dan pengahambat supervisi kepala sekolah yakni komintmen tugas kerja dan beban kerja yang rangkap jabatan, sedangkan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah dengan mengikuti pelatihan, pendidikan kilat, dan seminar online
References
Budi, S. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Rineka Cipta.
E, M. (2015). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya.
Karwati, Euis, & Donni, J. P. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Membangun Sekolah yang Bermutu. Alfabeta.
Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Alfabeta.
Margono, S. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Ngalim, P. (2011). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Rosdakarya.
Rusmini. (2016). Asean Free Trade Area (AFTA): Peran Manajemen Pendidikan Islam Terhadap Pengembangan Character Building di Kota Jambi. Journal of Manegement in Education, 1(1), 74. https://doi.org/10.12/jme.293546
Sugiono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Veithzal, R. Z., & Fauzi, B. (2013). Islamic Education Mangement dari Teori ke Praktek. PT. Raja Grafindo Persada.