Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Manajemen Pembiayaan

Authors

  • Hidayat Hidayat IAI Ar-Risalah Inhil Riau

DOI:

https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i4.1093

Keywords:

Management, Financing, Quality, Education

Abstract

In this research the author tries to highlight the factors that influence the thinking model of the Islamic education system. For the author, the central issues are management, finance, quality and education. Apart from that, in this research the author used qualitative research methods. These approaches are described in more detail and classified according to research conditions. Apart from that, the author also uses library research methods. The results of this research show that: Educational financial management influences the quality of general education. The results of this research show that fund management is a process of optimizing existing funding sources, allocating existing funds and allocating them in the form of facilities and infrastructure to support the learning process in order to create a learning process that is much more effective, efficient and better. To achieve quality learning, education costs must be managed optimally and optimally. Therefore, educational financial management steps must be considered and made a top priority.

References

Aan Dwi Ardiyanto. (2021). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS IT KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN ANGGARAN 2020 TESIS Oleh AAN DWI ARDIYANTO PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PASCASARJANA IAIN JEMBER PEBRUARI 2021 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN ANGGAR.

Aflaha, A., Purbaya, D., Juheri, D., & Barlian, U. C. (2021). Analisis Standar Pembiayaan Pendidikan. Masile =Jurnal Studi Ilmu Keislaman, 1(1), 24–59.

Aini, H. N., & Effane, A. (2023). Urgensi Manajemen Keuangan dan Model Penganggaran Pendidikan. Karimah Tauhid, 2(1), 125–134.

Amri, K., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Akademik Dan Supportive Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 884–894. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1177

Anwar, M. Y. (2018). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan di Madrasah. Abilarrasyad, 3(02), 90. e-mail: rennymayasari@gmail.com

Ayi Najmul Hidayat, & Toha Konidin. (2023). Strategi Pembiayaan Pendidikan Pelatihan Kerja Di Blk Komunitas Ponpes Al-Aitaam. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 17–26. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.990

Crystallography, X. D. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.

Deraman, D., Pabbajah, M., & Widyanti, R. N. (2022). Respons Lembaga Pendidikan Islam Atas Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Nasional. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 156. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3051

Dikta. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke 21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 126–136. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3103

Djuwairiyah, Muqit, A., & Listiana, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal MULTICULTURAL of Islamic Education, 4(2), 81–92.

Ernaliana, E., & Rasidi, M. A. (2021). Standar Kualitas Pendidikan Dasar Di Nigeria: Studi Kepustakaan. El Midad, 13(1), 41–49. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.3456

Fadli, M., & Djollong, A. F. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan (The Concept of Islamic Education By KH. Ahmad Dahlan). Istiqra’, 5(2), 1–7. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/445/370

Fauzi, A. (2020). Analisis Biaya Mutu dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan. Jumpa: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 51–62.

Frediarto Rudi Aditya. (2014). Media Pembelajaran, Menggambar 3 dimensi. Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar 3 Dimensi Pada Standar Kompetensi Menggambar Dengan Perangkat Lunak, 3, 36–43.

Hambali, A. R., Ramadani, R., & Djanggih, H. (2021). Politik Hukum PERMA Nomor 1 Tahun 2020 dalam Mewujudkan Keadilan dan Kepastian Hukum terhadap Pemidanaan Pelaku Korupsi. Jurnal Wawasan Yuridika, 5(2), 200. https://doi.org/10.25072/jwy.v5i2.511

Hamdi, S. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92–119.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.

Harahap, S. A. (2022). Pengelolaan Biaya Pendidikan Madrasah. Journal of Education and Teaching, 3(2), 215–220. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE

Hayati, N., & Yulianto, E. (2021). Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 98–115. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.958

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

hidayat fahrul, D. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1(1), 31–41.

Husni, F., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Daya Saing di Sekolah Dasar Pendahuluan Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki berbagai aspek yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya . Di dalamnya . 8(1), 34–47.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.

Lorensius, & Ping, T. (2021). Model Pembiayaan Pendidikan di Perguruan Tinggi Pada Masa Covid-19. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 107–119.

Maqbulah, A. (2021). Kajian Referensi tentang: Biaya Pendidikan Mandiri yang Berorientasi pada Mutu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 354–359. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.279

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.

Masyarakat, P., Upaya, D., Mutu, P., Anak, P., Dini, U., Ningsih, R. W., & Farida, N. (2022). LITERASIA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 1 (1) (2022): 42-52 PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. 1(1), 42–52.

Meilanda, L., Ramadhanty, N., & Wulandari, R. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Kelompok Bermain (Kb). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03 July), 316–327.

Mesiono, M., Suswanto, S., Lubis, R. R., & Haidir, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Imam Muslim Serdang Bedagai. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(1), 119–134. https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i1.6244

Miskun, M., Asmarika, A., Fitri, Y., Deprizon, D., & ... (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Swadaya Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Sumberdaya Manusia. Journal of Education …, 4(3), 1155–1161. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/382%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/382/239

MPOC, lia dwi jayanti, & Brier, J. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Muhammad Nur, Syarifuddin Yusuf, & Ayu Dwi Putri Rusman. (2021). Analisis Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm) Di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 4(2), 190–200. https://doi.org/10.31850/makes.v4i2.557

Mukhlison Effendi. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Muspawi, M., & Lukita, M. (2023). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 99–110. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.12237

Nur Khomisah Pohan, & Hellen Tiara. (2022). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan (Tamwil) Dalam Perspektif Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 45–78. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.90

Nurhayati, N., Nasir, M., Mukti, A., Safri, A., & Hasibuan, L. (2022). Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. 3(2), 594–601.

Pascasarjana, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2020). anajemen (E. 11(2), 239–252. https://doi.org/10.32832/jm-uika.

Purnomo, S. A. (2020). Pengembangan Mutu Manajemen Lembaga Pendidikan Dalam Penerapan Iso 9001:2008 Pada Smk Swasta Ma’Arif Nu 1 Ajibarang Provinsi Jawa Tengah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 124–146. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.78

Puspa, D. F., & Prasetyo, R. A. (2020). Pengaruh Kompetensi Pemerintah Desa, Sistem Pengendalian Internal, Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 20(2), 281–298. https://doi.org/10.25105/mraai.v20i2.7894

Putri, S. R., Muiz, A., Nurhayati, Sunandar, D., & Vindua, R. (2021). Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Media Sosial Untuk Memperluas Jangkauan Dakwah Bagi Remaja. JAMAIKA : Jurnal Abdi Masyarakat, 2, 114–121.

Qulub, L. (2019). Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(01), 29–44. https://dirasat.id

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.

Ristianah, N., & Ma’sum, T. (2022). Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 45–55. http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin

Rofiani, R., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2021). KONSEP BUDAYA DALAM PANDANGAN ISLAM SEBAGAI SISTEM NILAI BUDAYA GLOBAL (Analisis terhadap terhadap pemikiran Ali Ahmad Madkur). At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(01), 62. https://doi.org/10.24127/att.v5i01.1556

Rohmatilahi, L., Kholisah, N., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Urgensi Pembelajaran IPS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4270–4276.

Rohmawati, O., Poniah, & Adiyono. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108–199.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.

SA’IDU, N. (2021). Difusi Inovasi Manajemen Perubahan Model Kurt Lewin Pada Madrasah Dengan Pendekatan Prinsip Tringa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(4), 337–347. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i4.611

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Santoso, P. B., Tukiran, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Asbari, M., & Purwanto, A. (2020). Review Literatur: Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pendidikkan dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 276–285. https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2661001

Setyaningsih, R., Suci, A. N., & Puspasari, F. A. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Di Smp Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru). Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3363

Solehan, S. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–105. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3046

Sudarmono, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Menengah, S. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280.

Syafitri, R. (2023). Model Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Lulusan yang Berkarakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus pada MAN 1 Kabupaten Rokan Hilir ). 4(c), 1744–1752.

Syafri, U. A., Mujahidin, E., Tamam, A. M., Dewi, R., Kusnadi, A., Umam, K., & Evie, S. (2022). Konsep manajemen keuangan untuk pendidikan Islam berbasis prinsip ZISWAF. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 357. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8393

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Tanjung, Y. P. (2022). Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di Mis Nurul Hikmah Ujung Padang. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 102–119. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13108

Umniyah, W. F. (2022). Dalam Meningkatkan Brand Image Pada Program Pendidikan Kesetaraan Wustha Al-Fiel Kabupaten Cilacap. 120–121.

Veirissa, A. H. (2021). Kualitas Guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4, 267–272.

Vidyasari, F. N., & Suryono, B. (2021). Pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(2), 4.

Waliyah, S., Dini, S. H., & Syarif, A. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di SMK Gazza Wiguna 1. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 77–98. https://doi.org/10.47467/manageria.v1i1.272

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.

Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.

Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 214–221. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1580

Zulaikah, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 40 Purworejo. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(2), 193–218. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.253

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Hidayat Hidayat. (2023). Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Manajemen Pembiayaan. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(4), 366–379. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i4.1093