Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Learning Contract terhadap Pendidikan Karakter dan Kedisiplinan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Authors

  • Meytha Friska Olvianti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Jarmani Jarmani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Endang Supartin Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i2.1263

Keywords:

Learning contract, character education, discipline, elementary school

Abstract

This study aims to investigate the effect of learning contract implementation on character education and discipline of grade 5 elementary school students. The learning contract method is used to improve students' independence, responsibility and discipline in the learning process. The research was conducted by applying learning contract in learning in grade 5 elementary school and observing the changes in character education and students' discipline level after the implementation of this method. The results of the study are expected to provide a deeper understanding of the effect of the implementation of learning contract learning method on character education and discipline of grade 5 elementary school students. The implication of this study is expected to contribute to the development of more effective learning methods to improve character education and student discipline at the elementary school level.

References

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 1(2), 233-238.

Desmayenti, D. (2023). Penerapan model active learning tipe kontrak belajar disertai kuis di akhir pembelajaran pada siswa kelas X. IPK 3 MAN 2 Pesisir Selatan sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKN. Journal on Education, 6(1), 3746-3760.

Fauzi, A., Prasetyo, Y., & Christiawan, Y. (2022). Pengaruh model pembelajaran learning contract (kontrak belajar) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS Madrasah Aliyah Nurul Islam Pungging Mojokerto. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 2(2), 94-104.

Fitria, N. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi menggunakan metode learning contract pada siswa kelas X SMK Yadika Natar Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11, 81-86. Lampung: STKIP PGRI Bandar Lampung.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hartoyo, A. (2015). Pembinaan karakter dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8-22.

Hazmi, N., Sufyan, F. H., & Yuhasnil, Y. (2023). Pengaruh metode learning contract terhadap hasil belajar sejarah Indonesia kelas X IPS. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(1), 206-217.

Herawati, H., Taufik, T., & Nashruddin, N. (2022). Pengaruh teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 101-112.

Hidayat, A., Agustin, E., & Aisah, S. (2023). Pengaruh penerapan kontrak belajar (learning contracts) terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X dan XI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bakti Karya Parigi. J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(1), 68-82.

Husnani, H., & Sunarti, S. (2022). Implementasi kontrak belajar didalam perkuliahan menjadi pendidikan moral di perguruan tinggi. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 20-28.

Juwita, I., Pendi, P., & Kurniasi, E. R. (2020). Analisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Simpangkatis kelas VIII dan MA Muhammadiyah Gantung kelas X MIA. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 73-82.

Maqbulin, A. (2018). Kontrak belajar melalui hidden curriculum sebagai bagian dari pendidikan karakter siswa madrasah aliyah. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 12(2), 141-148.

Muizudin, M. (2021). Penerapan strategi learning contract dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 332-341.

Mulyasa, M. (2010). Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Kosdakarya.

Prabowo, A., & Sidi, P. (2010, November). Memahat karakter melalui pembelajaran matematika. In Proceeding of the 4th International Conference on Teacher Education: Join Conference UPI & UPSI Bandung (Vol. 4, pp. 165-177).

Rido, A., & Kudus, H. H. A. (2020). Analisis manajemen pembelajaran dan kedisiplinan belajar dalam meningkatkan prestasi peserta didik. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 14-34.

Setiarna, S. (2022). Peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika melalui model cooperative learning tipe stad di kelas VI SDN 01/X Rantau Indah semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Journal on Education, 4(2), 694-704.

Published

2024-05-29

How to Cite

Meytha Friska Olvianti, Jarmani Jarmani, & Endang Supartin. (2024). Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Learning Contract terhadap Pendidikan Karakter dan Kedisiplinan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(2), 108–117. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i2.1263

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.