Studi Tentang Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Devita Maisari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek
  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek
  • Fauzan Fauzan Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek
  • Nurhasnah Nurhasnah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i4.527

Keywords:

student activity, islamic religious education

Abstract

This research is motivated by the activeness of students in the learning process is a crucial and essential thing that must be understood, understood, and improved by every instructor in the learning process. The learning process is said to be successful and of good quality if all or at least most of the students are actively involved physically. , mental, and social, according to E. Mulyasa who discusses the importance of student activity in the learning process The best level of involvement intellectually, emotionally, and physically defines active learning. Students are enthusiastic learners and always curious. When the environment offers a suitable space for the growth of that activity, the child's natural active power can develop positively. observation. Besides that there are several efforts to increase student activity, such as using an innovative learning approach and then a conducive learning environment approach, as well as providing constructive feedback and providing adequate facilities and involving parents in the learning process.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006)

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi…, h.

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014,

Abdullah Nasih Ulwan, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, (Jakarta: Pustaka Amani, 1999)

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam..., h. 64

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1995)

Arif Hidayat, Studi Kelayakan Bisnis, ( Solok: Insan Cendikia Mandiri, 2021), h. 1

Baharuddin, Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,2010)

Depdiknas, Standar Kompetensi Mata Pelajaran PAI SMA dan MA, (Jakarta: Depdiknas, 2003)

Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: PT Rineka

Dr. Wina sanjaya, M.Pd., Kurikulum Dan Pembelajaran, (jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2009)

Dwi Prasetia Danarjati, dkk, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014),

E.Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: Remaja

Em Zul Fajri dan Ratu Aprillia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Jakarta: Difa Publisher, 2014),

H. M. Chabib Thoha, Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,1999 )

Jonnedi, Skripsi: Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur Kabupaten Kampar,( Uin Suska Riau, 2013)

Komariah, A.N., & Widayati, W, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(1), 13-22, 2020

Martinis Yamin, Kiat Membelajarkan Siswa, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2007)

Mudjiran, Perkembangan Peserta Didik, (Padang, 2007)

Muhaimin, Peradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013)

Muhaimin, Suti’ah dan Nur Ali, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan

Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI, (Jakarta: Misaka Galiza, 2003)

Muntholi’ah, Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PAI, (Semarang: Gunungjati dan

Ngalim Purwanto, Paradigm Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004),

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).

Pendidikan, (Jakarta: FITK PRESS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2010)

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2008)

Rosdakarya, 2006)

Rosnah, Skripsi : Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada “Materi Kisah Nabi” Dengan Metode Billboard Ranking Untuk Siswa Kelas Iv Sdn. 006 Tanjungbatu Kecamatankundur Karimun, ( UIN Suska Riau, 2013)

Ruhimat, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012, Cet. ke-2)

Sardiman A.M, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja, 2012 ),

Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Press, 2001)

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : Raja Grafindo Persada 2004)

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2002)

Suryabrata Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung : Alfabeta, 2003),

Syibran Mulasi, dkk, Metodologi Studi Islam, (Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021)

Tohrin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)

Yamin, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, ( Ciputat:Gaung Persada Press, 2013)

Zaenal Abidin, “Prinsip-prinsip Pembelajaran”, Kurikulum dan Pembelajaran, ed. Toto

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000)

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Devita Maisari, Junaidi Junaidi, Fauzan Fauzan, & Nurhasnah Nurhasnah. (2023). Studi Tentang Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4), 139–153. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i4.527

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)