Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Pembelajaran Konvensional Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Wisni Wisni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Al Baihaqi Anas Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.104

Keywords:

Hasil Belajar, STAD, Konvensional

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif di kelas karena pembelajaran hanya berpusat pada guru dan hasil belajar siswa belum mencapai nilai KKM. Untuk itu peneliti mencoba menawarkan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) agar proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan bagi siswa supaya hasil belajar PAI peserta didik dapat mencapai nilai KKM. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PAI kelas VIII di UPTD SMP N 1 Gunuang Omeh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain The Static Group Comparison. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PAI kelas VIII di UPTD SMP N 1 Gunuang Omeh. Hal ini dilihat dari hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,024<0,05. Maka hipotesis nol (H0) ditolak dan Ha diterima.

References

Afandi, M., & Irawan, D. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Sekoah Dasar. In Unissula Press (Cet ke1). Unissula Press.

Amin, A. F. (2015). Metode & Model Pembelajaran Agama Islam (M. Iqbal (ed.); Cet. Ke 1, p. 116). IAIN Bengkulu Press.

Asdiqoh, G. C. dan S. (2020). Metodelogi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Kajian Teori-Teori Metode Pembelajaran (Purnomo (ed.); 1st ed., p. 2). Oase Pustaka.

Asmedy. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113.

Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (Baharuddin (ed.); Cetakan ke, pp. 26–27). SIBUKU.

Gio, S. dan P. U. (2017). Statistika Nonparametrik dengan SPSS, Minitab, dan R (Vol. 4, Issue 1). USU Press.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Cet. ke 1, Issue March, pp. 342–343). Pustaka Ilmu.

Intan Okta Yurisma, Bukman Lian, C. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 591–601.

Ngailo, D. W., Muliadi, A., Adawiyah, S. R., Samsuri, T., & Armansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(1), 19–28.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Cet. Ke1). SIBUKU MEDIA.

Prihatmojo, A., & Rohmani. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran WHO AM I (P. B. Nugroho (ed.); Cetakan Pe, pp. 12–13). Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. Manazhim: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 133–144. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i1.1636

Rila, A., Arifmiboy, & Zakir, S. (2021). Pembelajaran PAI Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di SMPN 2 Tilatang Kamang. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(2), 23–35.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian (Cet. ke 26, p. 104). Rajawali Pers.

Syihabuddin, M. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs. Ma’arif Sidomukti Gresik. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 18(1), 75–84.

Utami, P., Basri, W., & Aisiah. (2019). Pengaruh Model Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Pakar Pendidikan, 17(1), 13–25.

Wahyuni, R. (2013). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MACROMEDIA FLASH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK IMPULS DAN MOMENTUM DI SMK NEGERI 1 STABAT TP 2012/2013. In Skripsi. UNIMED.

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Wisni Wisni, Wedra Aprison, Salmi Wati, & Al Baihaqi Anas. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Pembelajaran Konvensional Mata Pelajaran PAI . Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 141–154. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.104

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)