Penggunaan Media Benda Konkret Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Materi Jenis Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDI Habi Kecamatan Kangae
DOI:
https://doi.org/10.59059/tarim.v3i4.30Keywords:
Hasil Belajar, Media Benda Konkret, Pelajaran IPA.Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi Jenis Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV melalui penggunaan media benda konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang jenis sumber daya alam. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas IV min 2 sikka dengan jumlah peserta didik sebanyak 18 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 4 siswa (40%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 10 siswa (67%). Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (100%) dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 83,88. Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Habipada mata pelajaran IPA.
References
_________(2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Gagne. (2003). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Hamalik, Oemar. (1994). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Joni, Raka. (2008). Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru.
Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.
Nasution. (1995). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Permendiknas (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun
Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Rahadi. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.
Soelarko. (1980). Audio Visual. Bandung : Bina Cipta.
Suprijono. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.