PENGARUH STRATEGI READING GUIDE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.92Keywords:
Pengaruh, Strategi Panduan Membaca, Prestasi Belajar Aqidah AkhlakAbstract
Penelitian yang membahas tentang pengaruh strategi panduan membaca terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa. Oleh karena itu, pendidik menggunakan strategi panduan membaca selama proses pembelajaran. Strategi panduan membaca adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan bahan bacaan, dan setelah membaca bahan bacaan siswa diberikan pertanyaan oleh guru. Salah satu mata pelajaran yang menggunakan strategi ini adalah mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dengan menggunakan strategi pembelajaran ini, pendidik mampu menumbuhkan motivasi dan semangat peserta didik untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penggunaan strategi panduan membaca pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, (2) Prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak, (3) Pengaruh strategi panduan membaca terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MA. Mengingat populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang, maka peneliti mengambil 100% dari populasi. Jadi penelitian ini merupakan penelitian populasi. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara untuk mengetahui penggunaan strategi panduan membaca, angket untuk mengetahui pengaruh strategi panduan membaca dan menggunakan raport untuk menentukan prestasi belajar. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh panduan membaca strategi terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak diperoleh hasil 0,590. Dimana nilai signifikansi lebih besar dari tabel “r”, baik pada tingkat signifikansi 5% maupun pada tingkat signifikansi 1%.
References
Arikunto,Suharsimi. 2011.Prosedur Peneitian, Populasi dan Sampel Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bahri Djammarah,Syaiful.Prestasi Belajar dan Kompeensi Guru
Bahri Djamarah,Syaiful. 2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Akbar, Eliyyil. 2020.Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Endah Zuhari,Arwida.Penerapan Metode Guide Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Iv Sd, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. Iii No. Ii, Agustus 2018, Hlm. 11-21 (13)
Farida Isroani, 2021, Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusi di Sekolah Menengah, Al Ulya, Jurnal Kajian Pendidikan, Vol 6 No 1.
Farida Isroani, Strategi Lembaga Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Guru di Masa Pandemi, Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, IAIN Babel, Vo 6 No 2.
Hidayat,Isnu. 2019.50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press
Hisyam,Zaini. 2008.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Khairul Lutfi,Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan Model Reading Guide Berbasis Paikem Bagi Peserta Didik Kelas Ii.B Semester Dua Tahun 2015/2016 Di Sd Negeri Model Mataram, Jime, Vol. 2 No. 2, 2016, Hlm 80
Kutsiyyah. 2017. Pembelajaran Akidah Akhlak. Pamekasan: Duta Media Publishing
Lutfi, Khairul.Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan Model Reading Guide Berbasis Paikem Bagi Peserta Didik Kelas Ii.B Semester Dua Tahun 2015/2016 Di Sd Negeri Model Mataram, Jime, Vol. 2 No. 2, 2016, Hlm 80
Maulana,Anzar. Penggunaan Strategi Reading Guide Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Studi Pendidikan Islam, Volume Xiv, No. 2 Tahun 2017, Hlm. 22
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 2 tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
Ridwan. 2014. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta
Simatupang,Halim. 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi
Siyoto,Sandu. 2015.Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Sudjana, Nana.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Syah,Muhibbin.1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Emaja Rosdakarya