Manejemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Satuan Pendidikan Taman Kanak-kanak

Authors

  • Irjus Indrawan 1Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.88

Keywords:

Citra Satuan Pendidikan, Manajemen Hubungan Masyarakat

Abstract

Manajemen hubungan masyarakat merupakan sebuah upaya dalam menyampaikan program-program sekolah kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra satuan pendidikan taman kanak-kanak. Metode penelitian menggunakan pendekatan  kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Jhon. W. Creswell, Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen hubungan masyarakat yang diterapkan adalah  4P, yakni perencanaan, perngorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, kepala sekolah sangat menguasai manajemen hubungan masyarakat, sehingga menjalankan 4P tersebut dengan sangat baik yang berdampak pada minat masyarakat untuk menitipkan anak-anaknya belajar diselolah tersebut. implikasi dari hasil penelitian ini memberikan rekomendasi kepada kepala TK yang lain untuk menerapakan 4P tersebut dengan baik, sehingga dapat meningkatkan citra sekolah yang berdampak pada minat masyarakat menitipkan anak untuk belajar disekolah tersebut.

References

Azhar, Abdul, L. H., Sri, R. R. M., Elfin, N., & Amirullah. (2022). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan. Edukatif; Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1452. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2167

Mesiono. (2017). Manajemen Pendidikan Raudatul Athfal (RA) Pengantar Teori dan Praktek. Perdana Pubblishing.

Nunung, Y., & Wahyu, B. S. (2020). Pengelolaan Humas di Lembaga Pendidikan Menuju Lembaga Pendidikan Yang Unggul. ThufuLA, 9(223).

Nurul, N., Nur, L. F., & Ati, N. R. (2022). Peran Manajemen Humas dalam Meningkatkan Kualitas Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru di TK Dharma Wanita Singgahan Tuban TP.2021/2023. Jeced: Journal Of Early Childood and Development, 4(2), 130. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v4i2.2136

Pancaningrum, N., & Nur, H. (2020). Peran Hubungan Masyarakat Pendidikan Anak Usia Dini Islam. ThufuLA, 9(2), 249.

Qoinah. (2020). Membangun Pelayanan Publik yang Prima; Strategi Menjadi Humas dalam Penyampaian Program Unggulan di Lembaga Pendidikan. Islamic Managemen, 1(2), 269. https://doi.org/DOI:10.3086/im.vli2.269

Racmat, K. (2018). Meneropong Praktik Public Relations di Indonesia dengan teori dan riset (deseetasi contoh-contoh kontemporer). UB Press.

Rahmat, A. (2016). Manajemen Humas Sekolah. Media Akademi.

Rochmania, Z. A. (2022). Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Sekolah di Era New Normal. Leadership; Jurnal Mahasiswa Manejemen Pendidikan Islam, 3(2), 226. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/leadership.v3i2.1143

Werdiningsih, W. (2020). Manajemen Humas dalam Meningkatkan Peran Komite Sekolah di PAUD Sabila Ponorogo. Al-Idaroh; Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Irjus Indrawan. (2023). Manejemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Satuan Pendidikan Taman Kanak-kanak. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 77–83. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.88

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.