Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v3i3.2479Keywords:
Efektivitas, Media Digital, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Dunia pendidikan telah dipengaruhi secara signifikan oleh pertumbuhan teknologi digital, khususnya upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari kajian ini untuk efektivitas penggunaan media digital sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar untuk belajar melalui metode literature review. Sebanyak 10 artikel ilmiah terbitan tahun 2020–2025 yang relevan dikaji secara mendalam menggunakan pendekatan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital seperti E-LKPD, buku digital, video pembelajaran interaktif, aplikasi kuis edukatif, serta platform digital lainnya terbukti mampu membangun lingkungan belajar yang menarik, menyenangkan, dan partisipatif. Media tersebut meningkatkan partisipasi aktif, perhatian, dan semangat siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa mengalami peningkatan karena penyajian materi yang lebih visual, fleksibel, dan kontekstual. Namun demikian, tantangan masih ditemukan, terutama terkait keterbatasan infrastruktur dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi. Implikasi dari hasil penelitian ini menitikberatkan betapa pentingnya pengembangan kemampuan guru, penyediaan fasilitas teknologi yang memadai, dan pengembangan media pembelajaran digital yang adaptif dan inovatif. Harapan dari kajian ini sebagai referensi dalam perumusan kebijakan pendidikan serta strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan generasi digital masa kini.
References
Anis Faristin, V., & Saptadi Ismanto, H. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Factors Influencing High School Students’ Learning Motivation. PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No, 1(1), 125–153.
Azizah, N., Zubaidah, S. L., Surianyah, A., & Cinantya, C. (2024). Efektivitas Media Teknologi Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. 2260–2269.
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.112-127
Dhiya Rahma, Nada Nupus Ihwani, & Nadila Sofia Hidayat. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 12–21. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298
Fransisca, M., Saputri, R. P., & Yunus, Y. (2023). Implementasi Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 249–257. https://doi.org/10.58545/djpm.v2i3.218
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). In PT. Sonpedia Publishing Indonesia (Issue 1).
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fazriyah, A., Febriyano, A., & Rosyada, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran QuizWhizzer dan Kinemaster untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 3339–3345. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.991
Lestari, D. P., Wardhani, I. S., & Madura, U. T. (2024). Media Pembelajaran. 2(11).
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289
N.W.B. Artini, N.K. Suarni, & D.P. Parmiti. (2023). Efektivitas Pengembangan E-Lkpd Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1758
Nurhalida, S., Rafiqa, S., & Aini, I. Q. A. (2025). Peran Media Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Zaheen : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 1(1), 96–108.
Rahma, S. A., Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2024). Survei Tingkat Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Media Wordwall. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 847–856.
Rozaini, N., & Anti, S. D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL NIAGAWAN, 6(02), 54–59. https://doi.org/10.25134/equi.v14i02.1128
Selvia, Salimi, A., & Pranata, R. (2023). Pengembangan LKPD Berbsis Flip PDF Profesional pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 24 Pontianak Tenggara. FONDATIA, 7(3), 809–822.
Simorangkir, R., Sinaga, R., Limbong, R., & Nazwa, Z. (2024). Analisis Penggunaan Media Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika DI Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 10. https://doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3444
Widiastari, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215–222.
Wirdayani, A., Kune, S., & Shaleh, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 133. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.1844
Wonda, H., Kota, M. K., & Arianti, C. D. (2022). Pengembangan Buku Digital Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1751. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.