Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 05 Lembang Jaya

Authors

  • Hartoni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.995

Keywords:

Pendekatan, Saintifik, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya hasil ujian tengah semester siswa di kelas VIII B di SMPN 05 Lembang Jaya tahun ajaran 2022/2023. Dalam hasil ujian tersebut terdapat 25 siswa namun hanya 1 orang siswa yang mencapai kriteria ketuntasan, yang mana untuk kriteria ketuntasan di SMPN 05 Lembang jaya adalah 75. Slah satu solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 05 Lembang Jaya adalah dengan menerapkan penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajarn Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar pendidikan agama isalam dengan menerapkan pendekatan saintifik lebih baik dari pada pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konvensional di kelas VIII SMPN 05 Lembang Jaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Non-equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t.

Dari uji hipotesis diperoleh thitung 2,01  > ttabel 1,68 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan Software Minitab diperoleh P-value 0,02 < α 0,05 sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa “ Hasil Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan pendekatan saintifik lebih baik dari pada hasil pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 05 Lembang Jaya tahun pelajaran 2023/2024”.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi ; Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005) hal. 130.

Abudin Nata, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Bandung: Angkasa, 2003) hal 11

Ade Rimelda Sibuea & Elfia Sukma, Analisis Langkah-langkah Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terpasu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli, Jurnal Pendidikan Vol 4 No. 1 (Januari-Juni 2021).

Adi Supriyanto, Menyusun PTK Era 4.0, (Yogyakarta: Deepublish, 2020) hal 180

Albert Efendi Pohan, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, (Purwodasi: CV. Sarnu Untung 2020) hal. 23-24.

Anggata Elma Kulana, Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Kenukut Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Of Education Learning and Innovation. Vol 1 No. 2 September 2021.

Anggata Elma Kulana, Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Kenukut Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Of Education Learning and Innovation. Vol. 1 No. 2 September 2021.

Anggata Elma Kulana, Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Kenukut Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Of Education Learning and Innovation. Vol. 1 No. 2 September 2021.

Dediknas, Media Pembelajaran (Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003) hal. 2.

Deni setiawan dkk, Pembelajaran IPS Terpadu, (Yayasan Kita Menulis, 2022) hal. 57.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional hal. 758.

Dina Fitria Handayani, Model-model Pembelajaran Bahasa Indonessia, (Literasi Nusantara Abadi,2021) hal. 23-24.

Elfidayanti, Pengantar Psikologi Pendidikan, ( STAI-JM Press,)

Endang Titik Lestari, Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar (Deepublish, 2020)

Endang Titik Lestari, Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar, (Deepublish:2020) hal. 8-9.

Endang Titik Lestari,Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar, (Yogyakarta,CV

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta:Kalam Mulia,2008) hal. 22.

Ratna Wilis Dahar, Teori-teori dan Pembelajaran,(Jakarta:Erlangga2012) hal. 80.

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu, (Jakarta : Rajawali Pres, 2015), hal. 232.

Rusydi Ananda & Abdillah, Pembelajaran Terpadu, (Medan: LPPPI, 2018) hal 106.

Sayyid Habiburrahman & Suruso, Materi Pendidikan Agama Islam 1, (Feniks Muda Sejahtera, 2022) hal. 22.

Singgih Santoso, SPSS 20 Pengolah Data Statistik di Era Informasi, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015), hal. 191.

Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D , (Bandung: Alfabeta,2009), hal.86.

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Hartoni, & Arifmiboy. (2024). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 05 Lembang Jaya. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 282–294. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.995

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.