Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran PAI DI SMP 01 Sungai Aur
DOI:
https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i4.514Keywords:
Implementation, Learning ModelsAbstract
This research is motivated by a number of problems, namely the implementation of problem-based learning models in PAI subjects at SMP N 01 Sungai Aur has not been maximally implemented, because it is constrained by the time spent in the teaching and learning process, resulting in some students not understanding the material being taught or requiring reinstatement of the material. The type of research used in this study is using qualitative research. The key informant in this study was the PAI teacher at SMP 01 Sungai Aur, namely Ibuk Asniyan Warti S.Pd. The key informants in this study were students of SMP 01 Sungai Aur who took part in the lesson. The data collection technique is by using documentation, observation, and interviews. The drawback of this model is that it takes a long time for children to get used to it. This PBL model uses many complex techniques for children to understand.
References
Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berplatform kompetensi( Rancangan serta Aplikasi Kurikulum 2004),( Bandung: Ramaja Rosdakarya, cet. III, 2006)
Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam,( Jakarta: Alam Aksara, Cet. VII, 2008)
Ahmad D Marimba, Pengantar Metafisika Pendidikan Islam,( Bandung: PT. Al- Ma. arif, 1986). Zakiah Daradjad, Metodik Spesial Pengajaran Agama Islam,( Jakarta: Alam Aksara, 1995).
Anas Sudjiono, Pengantar Penilaian Pendidikan,( Jakarta: Raja Grafindo
Annurrahman, 2009, Belajar serta Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Arifin Zainal, 2013. Penilaian Pembelajaran. Bandung: PT Anak muda RodakaryaBakhitar, Amsal. Metafisika Ilmu. Jakarta: Raja Granfindo Persada, 2004)
Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran: alas serta Aplikasinya,( Jakarta: rineka membuat, 2008) Oemar Hamalik, Cara Belajar Membimbing,( Jakarta: Alam Aksara, 2014)
Delsi Novelni, Elvia Sukma. Analisa langkah- langkah bentuk Dilema Based Learning dalam Pembelajaran.
Hadari Nawai, Riset Terapan,( Yogyakarta: Gajah Mada
Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam,( Jakarta: Emas, 2004). W. J. S. Poerwadarminto, Kamus Biasa Bahasa Indonesia,( Jakarta: PN Gedung Pustaka, 1984)
Imas Kurniasih serta Berlin Indah, Macam Pengembangan Bentuk Pembelajaran( Tutur Pen: 2015)
Intan Tufikurrohman, Keterkaitan Pendidikan DariAl- Qur’ an Surah Adz- Dzariyat Bagian 56 Mengenai Tujuan Invensi Orang kepada Usaha Pendidikan Dalam Membuat Orang Yang Patuh Beribadah, islamic Education, 2( 2022). E Mulyasa, Manajemen Pendidikan Kepribadian( Jakarta: Alam Aksara, 2014).
Lukman Juri, Harian Pendidikan Agama Islam Ta’ lim 2015
Muhaimin dkk, Strategi Belajar Membimbing,( Surabaya): Pandangan Alat, 1996Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran..., 266.
Muhaimin, Rancangan Pendidikan Islam( Solo: Ramadhan, 1991) UU Repuplik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Mengenai Sistem Pendidikan Nasional( Bandung: Pandangan Umbara, 2003)
Ngalimun, Strategi serta Bentuk Pembelajaran,( Yogyakarta, Aswaja Pressindo, 2013)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam,( Jakarta: Kalam Agung, 1994)
Kesimpulan Model- Model Pembelajaran,( Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010)
Sadirman. Interaksi, Dorongan, Belajar Membimbing. Jakarta: PT Raja Granfindo persada, 2012)
Sugiyono, Tata cara Riset Pendidikan,( Bandung: CV Alfabeta, 2008)
Suharsimi Arikunto, Metode riset Sesuatu Pendekatan Praktek,(
Sutirman, Alat serta Model- Model Pembelajaran Inovatif,( Yogyakarta: graha Ilmu, 2013).
UU RI Nomor. 20 Tahun 2003, Mengenai Sistem Pendidikan Nasional,( Jakarta: Rineka membuat)
Yogyakarta: Rineka Membuat, 2002)
Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam,( Jakarta: Alam Aksara, 2000)
Zuhairini, Metafisika Pendidikan Islam,( Jakarta: Alam Askara, 1995)